Kontes yang sebenarnya adalah…

“Kontes yang sebenarnya adalah selalu antara apa yang sudah anda lakukan dan apa yang mampu anda lakukan. Anda mengukur diri anda terhadap anda sendiri dan bukan terhadap orang lain.”

Itu lah yang dikatakan oleh Geoffrey Gaberino, seorang perenang estafet gaya bebas dari USA, yang mendapatkan medali emas di Olimpiade musim panas tahun 1984.

The real contest is always between what you’ve done and what you’re capable of doing. You measure yourself against yourself and nobody else.” ~ Geoffrey Gaberino

Pesan beliau adalah bagi kita untuk selalu ingat kalau hidup kita bak sebuat kontes, antara dua orang saja, yakni diri kita saat ini dan diri kita yang mungkin jika kita berhasil mencapai suatu cita-cita/ tujuan hidup.

Beliau juga berpesan supaya kita tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, karena:

1/ secara tidak sadar, kita menggunakan orang lain tersebut sebagai sumber motivasi kita. Jika orang tersebut tiba-tiba tiada, maka kita akan hilang arah dan kehilangan sumber motivasi.

2/ kita akan selalu dikecewakan oleh kenyataan bahwa akan selalu ada orang lain yang “lebih” dari diri kita saat ini.

Oleh karena itu, gunakanlah diri anda sendiri sebagai tolok ukur. Dengan demikian, anda akan terus mendapatkan sumber motivasi dan inspirasi secara otomatis dari dalam diri anda sendiri setiap kali anda mencapai suatu cita-cita/ tujuan, tidak masalah seberapa kecil hal itu.

Ingatlah selalu, hidup ini adalah sebuah kontes, kontes yang amat penting sekali bagi diri anda. Kontes ini akan kekal adanya selama anda masih bernafas di dunia ini. Hanya ada dua peserta dalam kontes ini, diri anda adalah salah satunya. Sebelum kontes dimulai, tentukanlah siapa satu peserta lainnya. Tugas anda, mengalahkan peserta tersebut. Setelah anda berhasil memenangkan kontes ini, beristirahatlah sejenak. Setelah anda siap, tentukanlah satu peserta lainnya untuk berkontes. Dan begitu seterusnya. Dengan demikian, kita akan menjadikan hidup kita sebuah perjalanan menarik tak terlupakan yang penuh kemenangan dan kesuksesan…~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: