The 4th Lesson – Bedah “Defining Success”….

Hari ini akan diulas pelajaran ke-4 yang diambil dari pidato penuh makna Pak Subroto Bagchi, seorang Chief Operating Officer di MindTree Consulting, India. Pidato lengkapnya dapat dibaca di sini.

“Till date, I measure my success in terms of that sense of larger connectedness. ~ Subroto Bagchi

“Sampai saat ini, saya mengukur kesuksesan dengan merasakan koneksi dengan sesuatu yang lebih besar.”

Kata-kata beliau di atas dilatarbelakangi oleh pengalaman yang beliau dapat ketika masi kecil. Pada saat itu, beliau harus mengikuti sang ibu yang berpindah ke kota lain untuk menemani abang beliau yang menjadi guru di kota tersebut. Pada tahun 1965, India akan berperang dengan Pakistan. Sang ibu, yang sudah menderita katarak pada matanya, merasa penting sekali pada saat itu untuk mengikuti berita tentang hubungan antara kedua negara tersebut. Karena kelainan pada matanya dan karena ada perbedaan bahasa antara bahasa asli sang ibu dengan bahasa di daerah tersebut, sang ibu pun meminta Pak Subroto Bagchi untuk membacakan koran setiap pagi, dari halaman awal sampai akhir.

Dengan kebiasaan membaca koran ini, Pak Subroto Bagchi dapat merasakan koneksi dengan dunia yang jauh lebih besar dari pada dunia beliau pada saat itu. Semenjak kecil, beliau sudah tertarik pada banyak hal. Ditambah lagi dengan adanya diskusi antara beliau dan sang ibu tentang topik dalam berita sehari-hari, mereka pun membuat ikatan dengan semesta yang lebih besar. Dalam semesta itu, mereka menjadi bagian dari realita yang lebih besar dari pada realita mereka sebenarnya pada saat itu.

Pesan beliau kali ini adalah bagi kita untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam membangun ikatan dengan dunia yang lebih besar lagi dari dunia realitas kita.

Dunia yang lebih besar di sini dapat diartikan sebagai tujuan hidup, cita-cita, harapan kita di masa yang akan datang. Tentu saja kita bertujuan hidup, bercita-cinta dan berharap kalau hidup kita akan menjadi lebih baik. Nah, kehidupan yang lebih baik ini dapat dianggap sebagai bagian dari dunia yang lebih besar dari pada dunia kita sekarang.

Dalam pesannya, beliau memberi contoh sederhana bagaimana untuk dapat mengembangkan kemampuan tersebut, yaitu dengan membaca, tak hanyak sebatas surat kabar, tetapi juga buku-buku yang berguna bagi pengembangan diri kita.

Pelajaran ke-4 ini memang adalah sebuah konsep yang menarik, bahwa ada dunia lain yang jauh lebih besar dari dunia kita sekarang, yang dapat kita kunjungi hanya jika kita sudah dapat membangun ikatan yang kuat dengannya. Jika kita berhasil membangun ikatan tersebut, maka kita akan mengalami kesuksesan.~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: