Membedah Defining Success… The 2nd Lesson

Postingan hari ini masih membahas pidato yang penuh makna dari Pak Subroto Bagchi, seorang Chief Operating Officer dari MindTree Consulting, India, tentang Mendefinisikan Kesuksesan. Pidato selengkapnya dapat dibaca di sini. Kali ini kita beranjak ke pelajaran kedua yang bisa disarikan dari pidato beliau.

Tiga kalimat berikut mengandung pelajaran kedua yang beliau dapatkan dari sang ayah.

“You should leave your newspaper and your toilet, the way you expect to find it”. That lesson was about showing consideration to others. Business begins and ends with that simple precept.

Yang artinya:

“Anda harus meninggalkan koran (setelah anda membacanya) dan toilet (setelah anda menggunakannya) dengan keadaan yang sama seperti yang anda inginkan ketika anda akan menggunakannya.” Pelajaran ini menekanan bagi kita untuk memberi perhatian terhadap orang di sekitar kita. Bisnis dimulai dan diakhiri dengan prinsip yang sederhana tersebut.

Dalam pidatonya, beliau bercerita bagaimana beliau mendapatkan pelajaran di atas dari sang ayah. Sewaktu beliau masi kanak-kanak, rutinitas pagi keluarganya selalu dimulai dengan minum teh. Ketika teh tersebut sedang disiapkan, sang ayah akan meminta anak-anaknya (sang ayah memiliki 5 anak, dan beliau adalah anak yang termuda) untuk membacakan secara lantang halaman editor dari sebuah surat kabar berbahasa Inggris (surat kabar yang mereka baca adalah edisi sehari sebelumnya, karena mereka sekeluarga tinggal di tempat terpencil). Tak satupun dari kelima saudara mengerti secara penuh apa yang mereka baca setiap pagi. Namun, rutinitas ini sangatlah berarti bagi mereka karena mereka menjadi tahu kalau dunia itu lebih besar dari daerah Koraput (tempat mereka tinggal). Keterampilan berbahasa Inggris beliau pun adalah buah hasil dari rutinitas yang dipelopori sang ayah. Setelah membaca koran tersebut, sang ayah selalu mengingatkan anak-anaknya untuk melipat kembali secara rapi.

Prinsip yang sederhana, memang. Karena terkesan sederhana itulah, orang-orang sering kali menyepelekannya. Terkadang, kita tidak menyadari kalau perubahan-perubahan besar dalam hidup kita akan dimulai dari perubahan-perubahan kecil dalam hidup sehari-hari kita. Contoh di atas adalah salah satunya….Maka dari itu, janganlah kita menyepelekan hal-hal baik sekecil atau sesepele apapun itu. Tantanglah diri kita masing-masing, karena hal itu hal sepele, tidak akan ada masalah untuk mempraktekannya dalam hidup sehari-hari. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: